Berikut 6 Fakta Menarik dari Pantai Slopeng yang Jarang Diketahui

Selain terkenal dengan Jembatan Suramadu, Madura ternyata memiliki tempat wisata yang memesona. Salah satunya yaitu Pantai Slopeng. Pantai ini dapat ditemukan di Kabupaten Sumenep, tepatnya di Kecamatan Dasuk. Jaraknya kurang lebih 21 km menuju arah barat laut dari pusat Kota Sumenep atau sekitar 180 km dari Suramadu.

Biasanya diperlukan waktu 5 hingga 6 jam apabila berangkat dari Suramadu. Namun ada jalan alternatif yang lebih singkat, yaitu dengan melewati Jalur Pantura. Hanya saja jalur ini dikhususkan untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi alias bukan angkutan umum. Bagi yang tertarik, berikut akan dipaparkan 5 fakta menarik tentang pantai di Pulau Madura ini:

1. Tepian Pantainya Amat Luas

Pantai ini memiliki hamparan pasir pantai yang sangat luas. Saking luasnya bahkan hingga membentuk gundukan pasir yang tingginya sekitar 15 meter sekaligus menjadi pembatas dengan jalan raya. Gundukan ini terlihat seperti dataran pegunungan di dataran tinggi. Selain itu, pada gundukan ini dikelilingi banyak pohon kecil seperti di dataran pegunungan asli.

2. Pengunjung Dapat Berkeliling Pantai dengan Menaiki Kuda

Luasnya wilayah pantai ini menyebabkan banyak pelancong yang ingin mengelilingi dan menikmati suasana keindahannya. Tidak heran jika di sekeliling pantai banyak yang menyediakan jasa penyewaan kuda untuk dikendarai mengelilingi tepian pantai. Hal ini dapat membuat para pengunjung merasa puas untuk berkeliling-keliling pantai tanpa harus capek-capek berjalan.

3. Air Lautnya Jernih

Berbeda dengan pantai lainnya yang sudah tercemar dengan polutan dan sampah, pantai ini mempunyai air laut yang masih jernih. Hal ini disebabkan karena masih sedikitnya pengunjung yang datang ke pantai ini. Jadi, peluang untuk terjadinya pencemaran pada air laut masih kecil.

4. Gazebonya Nyaman untuk Beristirahat

Setelah puas berkeliling menikmati keindahan tepian pantai, maka waktunya untuk istirahat. Pantai ini menyediakan beberapa gazebo atau tempat istirahat yang dapat ditemukan di pinggiran pantai. Beristirahat sambil menikmati kesyahduan dan keindahan pantai memang sangat membuat dan nyaman menenangkan.

5. Spot yang Bagus untuk Mengambil Gambar

Hamparan pasir yang luas, pepohonan yang rindang, dan ombaknya yang damai membuat pantai ini bagus dijadikan spot foto. Selain itu, ada pula panggung seperti Rumah Joglo yang menambah keunikan pemandangan di sana. Pengunjung juga bisa menunggu hingga sore hari untuk bisa memperoleh spot foto dengan background sunset yang indah.

6. Pantai dengan Keindahan Pohon Cemara Udang

Hampir sama dengan Pantai Lombang, di pinggiran pantai ini juga ditumbuhi banyak Pohon Cemara Udang. Keberadaannya pun sering menimbulkan banyak pertanyaan dan misteri tersendiri. Pasalnya, pantai di Indonesia yang banyak ditemukan pohon Cemara Udang hanyalah ada di Pantai Slopeng, Pantai Lombang, dan deretan bahari di Cina.

Ada yang menyebutkan bahwa keberadaan pohon Cemara Udang ini ada kaitannya dengan peristiwa yang terjadi pada abad 15 lalu. Saat itu, terjadi ekspedisi secara besar-besaran yang dilakukan oleh Kekaisaran Tiongkok dengan pimpinannya yaitu Jenderal Sampo Thai Kam. Tujuan ekspedisi ini adalah untuk menunjukkan kekuatan armada perang Kekaisaran Tiongkok. Namun, hal itu dikalahkan oleh alam.

Dahsyatnya ombak di Laut Jawa menyebabkan kapal induknya hancur terhantam. Lalu akibat adanya angin topan, beberapa kapal pasukan ini juga terbawa ke arah timur hingga sampai di sekitaran perairan Masalembu. Barang bawaan pasukan ini yang di antaranya adalah bibit-bibit pohon Cemara Udang, banyak terdampar di Pantai Slopeng dan Lombang.

Baca juga: Inilah Rekomendasi Tempat Wisata di Madura

Itulah 6 fakta menarik tentang Pantai Slopeng. Mungkin baru sedikit orang yang tahu akan keberadaan pantai ini. Penyebabnya bukanlah karena kurang menariknya wisata tersebut, tetapi kurangnya promosi yang digaungkan. Padahal pantai ini tak kalah indah dibandingkan pantai-pantai tersohor lainnya. Oleh karena itu, ini menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah beserta penduduk di sekitarnya.