Curug Malela, Niagara Fall di Cianjur

Keindahan alam tanah air termasuk Curug Malela di kecamatan Cianjur, Bandung, Jawa Barat tidak berhenti membuat kagum. Curug ini ramai dikunjungi karena lokasinya strategis, pemandangannya sangat indah dan diperlengkapi dengan berbagai wahana menarik untuk berlibur bisa bersama rombongan kantor ataupun bersama keluarga.

Kelemahan potensi curug ini ialah lokasinya yang cukup sulit untuk dijangkau. Curug ini terletak di daerah perbatasan Kab. Cianjur, Desa Cicadas, Kampung Mangdid, Kecamatan Rongga dan Kab. Bandung Barat. Guna mencapai curug ,pengunjung mesti menempuh jarak lumayan jauh yang butuh tiga jam dari Kab Cianjur, atau dua jam dari pusat Bandung.

Rute Menuju Curug

Agar bisa mencapai Curug Malea, ada dua rute yang bisa diambil. Rute yang pertama ialah lewat kota Cimahi memakai mobil atau motor pribadi. Rute melewati Batu Jajar kemudian menuju ke Cihampelas sesudah itu ke Cililin kemudian ke Sindang Kerta. Ikuti papan petunjuk arah menuju ke Gunung Halu. Setelah tiba di Gunung Halu, jalan lurus saja sampai ke curug.

Rute kedua dari Kota Bandung. Arahkan kendaraan pribadi ke terminal Ciroyom. Sesampainya  di terminal Ciroyom, arahkan kendaraan menuju Buni Jaya melewati area Ciroyom, kemudian ke Cililin disusul ke Sindang Kerta dan akhirnya ke Gunung Halu.

Jam Operasional dan Harga Karcis

Setelah sampai pada area parkir, pengunjung masih harus jalan kaki kurang lebih dua kilometer lewat jalan setapak kecil berbatu berkontur naik turun. Dalam perjalanan ke arah lokasi curug, pengunjung melewati hutan yang cukup lebat. Jam buka curug ialah tiap hari sejak pagi pukul delapan sampai sore pukul lima. Tiket masuk dihargai sepuluh ribu rupiah.

Ongkos parkir untuk motor ialah Rp 5.000 serta Rp 8.000 bagi kendaraan roda empat. Bagi yang tidak mau jalan kaki ada jasa ojek yang siap mengantarkan. Ongkos ojek itu sampai lokasi adalah Rp 30.000, atau Rp 50.000 untuk paket ojek pulang pergi. Ada penginapan di dekat curug ini baik berupa villa atau kamar rumah penduduk desa. Jika menginap di hotel, tarif mulai Rp 400.000,-

Pesona Curug Yang Bisa Dinikmati

Curug Malela ialah destinasi alam berbentuk air terjun. Di bawah curug ada kolam yang bisa dipakai untuk berenang. Selain itu, apa fasilitas yang ditawarkan tempat wisata ini?

1. Keindahan Alam

Tempat wisata menyajikan pemandangan air terjun yang teramat indah, dilengkapi keasrian tanaman dan warna hijau pohon rindang di sekitarnya. Ini sangat menarik bagi wisatawan yang berkunjung. Ketinggian air terjun antara enam puluh sampai sampai tujuh puluh meter, dan lebarnya lima puluh meter. Pancuran menjulang tinggi ini, airnya sangat deras dan dingin.

Pengunjung seyogyanya membawa baju ganti karena aliran air terjun sangat deras dan berpotensi membasahi pakaian pengunjung. Air terjun kebanggaan Orang Sunda ini tidak hanya terdiri dari satu pancuran tetapi ada banyak pancuran air berjejer sehingga sekilas terlihat mirip Air Terjun Niagara Amerika dalam versi mini. Curug dikenal sebagai Niagara milik Cianjur.

2. Tempat Berenang

Air deras curug Malea menghasilkan kolam air sejuk, dengan kedalaman satu setengah sampai dua meter dibawahnya yang bisa dipakai berenang. Di dasar kolam ada tanah dan bebatuan kecil. Yang tak bisa berenang, bisa main air di pinggir kolam ini. Ada beberapa monyet yang turun untuk minum air curug. Selain monyet ada beberapa binatang hutan yang berjalan melintas.

3. Tempat Berfoto Selfie

Curug ternyata juga cocok untuk foto selfie. Ada properti bangunan yang jadi panggung ataupun menara pandang dan sign board.  Jembatan yang ada di muka air terjun menjadi spot foto yang bagus. Dengan harga tiket murah, curug memiliki beberapa fasilitas yang menunjang. Fasilitas curug ini terdiri dari toilet umum, tempat parkir luas, dan banyak warung makan.

Rekomendasi Tempat Wisata Lainnya:

Demikian panduan berkunjung ke Curug Malela yang layak dikunjungi di musim kemarau sebab saat itu curug tidak punya debit air yang cukup deras. Panduan bisa dipakai untuk merencanakan kunjungan ke curug mulai kapan, rute yang harus ditempuh, sebaiknya menginap atau tidak. Walau letak terpencil dan mesti berjalan kaki, semua berharga karena pemandangan curug indah.