Informasi Lengkap Fasilitas Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim

Siapa yang tidak tahu tentang taman hutan raya atau sering disingkat dengan TAHURA. Tempat ini merupakan sebuah kawasan yang sengaja diciptakan untuk mendukung proses pelestarian flora dan fauna ( konservasi ). Tidak hanya berfungsi untuk itu saja, taman hutan raya juga biasa dijadikan sebagai alternatif tempat wisata. Salah satunya adalah taman hutan raya Sultan Syarif Kasim. Bagi pengunjung yang akan datang ke hutan raya ini tidak akan dipungut biaya.

Taman raya Sultan Syarif Kasim terletak di kabupaten Kampar dan kabupaten Siak, karena memang lokasinya yang terletak diantara tiga wilayah, membuat taman raya ini memiliki tiga lokasi pintu masuk yang berbeda. Dengan mengunjungi taman hutan raya Sultan Syarif Kasim, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas sebagai berikut:

1. Taman Bermain Outdoor Dan Tempat Berfoto

Memiliki hawa sejuk dan udara yang segar tidak akan mengurangi antusias pengunjung untuk mencoba berbagai wahana permainan yang telah disediakan. Meskipun merupakan taman bermain outdoor nyatanya area yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung.

Bukan hanya menyediakan wahana bermain seperti flying fox, jembatan satu baris, jembatan burma, mangkok berputar, papan titian, nyatanya area ini juga menyediakan beberapa spot yang bisa digunakan untuk berfoto ria. Tidak lupa juga terdapat gazebo di beberapa titik yang dapat digunakan untuk tempat beristirahat.

2. Flora Dan Fauna Yang Beragam

Seperti wilayah konservasi pada umumnya, pada taman hutan raya Sultan Syarif Kasim, pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai macam flora dan fauna yang memang dibudidayakan dalam hutan raya ini.

Taman raya Sultan Syarif Kasim memiliki setidaknya 90 jenis flora. Bukan hanya flora yang beragam disini juga tersedia lebih dari 14 jenis mamalia, 35 jenis burung dan beberapa reptil. Tidak hanya bisa menyaksikan beberapa hewan dan tumbuhan saja, para pengunjung juga dapat mengikuti pelatihan gajah yang memang sengaja dilakukan secara terbuka.

3. Danau Dan Jembatan Takuana

Tidak melulu hanya menyaksikan aneka ragam tumbuhan dan berbagai macam jenis hewan, saat mengunjungi taman raya Sultan Syarif Kasim, pengunjung juga dapat mengunjungi danau Takuana yang terkenal dengan pemandangannya yang indah, sehingga mampu menenangkan hati.

Seperti namanya, danau ini berasal dari bendungan sungai Takuana. Untuk dapat mencapai danau ini pengunjung perlu melintasi jembatan Takuana. Pada jembatan ini akan tersaji pemandangan hutan yang sejuk, oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk berhenti beberapa menit untuk menikmati keelokan dari hamparan pohon yang saling menjulang tinggi.

4. Trek Jogging Dan Kawasan Perkemahan

Tidak seperti taman hutan raya pada umumnya, dimana untuk menelusuri kawasan tersebut pengunjung harus menerabas hutan. Pada taman hutan raya Sultan Syarif Kasim sudah terdapat lintasan yang memang sengaja dipasang secara permanen.

Lintasan ini sering dimanfaatkan oleh pengunjung yang berkemah sebagai trek Joging sambil menikmati sejuknya udara pagi. Taman raya Sultan Syarif Kasim memang menyediakan tempat untuk berkemah, yang biasanya digunakan untuk kegiatan Pramuka, dan pengunjung yang ingin berkemah untuk mendekatkan diri dengan alam.

5. Guest House

Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi taman raya Sultan Syarif Kasim namun berada jauh dari wilayah kabupaten Siak, tidak perlu merasa risau, karena pada kawasan ini terdapat cukup banyak penginapan yang tersedia.

Guest House yang ditawarkan memiliki harga yang cukup terjangkau, bahkan apabila dibandingkan dengan fasilitas yang diberikan, pengunjung tidak akan merasa dirugikan dengan harga yang telah dipatok oleh pihak pengelola.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Batam Yang Lagi Hits

Itu tadi beberapa fasilitas yang akan bisa pengguna nikmati apabila berkunjung ke taman hutan raya Sultan Syarif Kasim di kabupaten Siak, Riau. Terlebih lagiĀ  untuk dapat memasuki kawasan wisata taman raya ini pengunjung tidak perlu merogoh biaya.