Kawah Putih Ciwidey, Keindahan Alam Eksotis dan Suhu Dingin Kota Bandung

Kawah Putih Ciwidey, Keindahan Alam Eksotis dan Suhu Dingin Kota Bandung

Kawah Putih Ciwidey adalah icon wisata di Bandung Selatan yang namanya populer sampai mancanegara. Tidak heran apabila setiap momen liburan dan akhir pekan selalu ramai disambangi para pelancong. Bukan hanya warga kota Bandung, namun dari daerah lain seperti Jabodetabek dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan pengalaman liburan unik dan antimainstream, silahkan mampir kesini.

Khususnya bagi muda-mudi yang hendak mencari spot foto instagramable dan kekinian. Setiap sudut Kawah Putih Ciwidey siap memberikan hasil yang bagus untuk menghiasi laman sosial media agar lebih aesthetic. Jika penasaran dengan alamat, rute, harga tiket masuk dan keseruan selama disana, silahkan baca artikel dibawah.

Alamat Kawah Putih Ciwidey

Jl. Raya Ciwidey Patengan KM 11, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Cara Menuju ke Kawah Putih Ciwidey

Dari pusat kota Bandung, lokasi Kawah Putih Ciwidey berjarak kurang lebih 50 KM dan membutuhkan waktu tempuh selama 1,5 jam. Mulailah perjalanan Anda dari jalur Tol Purbaleunyi atau pintu Tol Kopo, kemudian ke jalan Kopo-Soreang. Setelah tiba di Soreang, anda bisa menemukan penunjuk arah ke Ciwidey. Ikuti penunjuk arah tadi dan selanjutnya menemukan pintu masuk menuju kawasan wisata Kawah Putih. Rute seperti ini untuk kendaraan pribadi.

Apabila menggunakan kendaraan umum, mulailah dari terminal Leuwi Panjang dan naik L300 untuk menuju Ciwidey. Setibanya di Ciwidey, Anda bisa mengendarai angkot berwarna kuning ke Situ Patenggang. Angkot tersebut biasanya berhenti di gerbang masuk Kawah Putih.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

Ada tiga macam HTM yang diberlakukan pihak pengelola, yaitu sebagai berikut:

Wisatawan Lokal: Rp. 25 ribu per orang.

Wisatawan Mancanegara: Rp. 75 ribu per orang.

Rombongan: Rp. 150 ribu per mobil (ini nanti masih dikenakan HTM per orang seperti biasa).

HTM diatas masih belum termasuk apabila pengunjung ingin mencoba wahana-wahana yang tersedia. Seperti dibawah:

Dermaga Ponton: Rp. 11 ribu.

Sunan Ibu: Rp. 11 ribu.

Tiket Domestik Terusan + Skywalk Cantigi + Dermaga Ponton: Rp. 38 ribu.

Charge Shooting: Rp. 3 juta.

Foto Prewedding: Rp. 500 ribu.

Skywalk Cantigi A: Rp. 11 ribu.

Skywalk Cantigi B: Rp. 11 ribu.

Aktivitas Seru di Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey adalah sebuah danau kawah yang berada di ketinggian 2.400 mdpl. Ia terbentuk oleh letusan Gunung Patuha pada abad 10-12 lalu. Permukaan kawah memiliki warna berbeda-beda yang dipengaruhi kadar belerang, suhu udara dan cuaca.

Terkarang airnya berwarna putih kebiruan, hijau dan sesekali cokelat. Perubahan warna inilah yang membuatnya unik dimata pengunjung. Berada di kawasan sangat luas dan tanahnya berwarna putih bersih, menjadikan spot foto disini sangatlah keren.

Ketika berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey sangat dianjurkan agar membawa pakaian tebal. Sebab, suhu udara disana sangatlah dingin antara 8-22 derajat celcius. Untuk menghangatkan tubuh Anda yang kedinginan, silahkan mampir ke pemandian air panas di sekitar Kawah Putih Ciwidey. Apabila sudah puas berburu foto dan mandi di kolam air panas, Anda bisa mampir ke warung untuk mengisi kembali tenaga. Disana terdapat beberapa menu spesial seperti wedang Bandrek, bajigur dan lain sebagainya.

Perpaduan antara tanah putih, air kawah jernih kebiruan dan pemandangan sekitar memang terlihat sempurna di siang hari. Namun perlu diketahui, bahwasannya keindahan matahari terbit disini sangatlah memanjakan mata. Tidak perlu bingung menginap, karena hotel dekat Kawah Putih Ciwidey sangatlah beragam dan pilihan harganya bisa sesuai isi kantong.
Baca Juga:

Demikianlah review singkat objek wisata Kawah Putih Ciwidey. Sekarang Anda pasti lebih paham tentang daya tarik yang ditawarkan. Nah, kapan kira-kira ingin berkunjung?