Mengintip Pesona Pulau Lae Lae di Makassar, Lokasi hingga Fasilitasnya

Berbicara tentang Sulawesi Selatan pasti tak akan berujung jika membahas potensi wisatanya. Banyak sekali keindahan alam yang disuguhkan, termasuk adanya Pulau Lae Lae yang mempesona. Di balik padatnya Kota Makassar, tersimpan sebuah pulau yang dapat menjadi tempat singgah terbaik. Berikut akan disajikan informasi selengkapnya untuk mengintip pesona pulau tersebut.

Lokasi Pulau

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa lokasi dari pulau indah nan eksotis ini terletak di Kota Makassar. Cantik dan menakjubkan, dua kata itu seperti tidak cukup untuk menggambarkan pesona Pulau Lae Lae. Untuk bisa mengunjunginya, wisatawan dapat menempuh jarak sekitar 1,5 KM atau setara 15 menit dari wilayah pesisir Makassar.

Akses menuju lokasi pun terbilang mudah, kini sudah ada perahu motor yang bisa digunakan untuk menyeberangi pulau. Secara geografis, tercatat bahwa pulau ini ada di Lae-Lae, Ujung Pandang. Wisatawan dapat berangkat melalui dermaga yang bernama Fort Rotterdam yang mana terbuat dari kayu Bangkoa.

Apabila wisatawan berkunjung secara berkelompok atau lebih dari 2 orang maka disarankan untuk menyewa perahu sendiri. Tujuannya adalah untuk menghemat biaya. Wisatawan juga dapat membuat janji dengan pihak pemilik kapal agar bisa menjemput di dermaga.

Uniknya lagi, wisatawan juga bisa transit ke Pulau Gusung Tallang. Hal ini dikarenakan lokasi keduanya yang berjarak cukup dekat. Luas dari Pulau Gusung tallang ini sendiri sekitar 2 ha dan biasa dikenal Pulai Lae Lae kecil. Bentuk dari pulau ini yaitu memanjang dari ujung utara hingga selatan. Wisatawan juga bisa memilih tempat ini sebagai destinasi favorit.

Fasilitas yang Tersedia

Wisatawan yang mengunjungi pulau tersebut dapat memperoleh berbagai fasilitas yang ada di dalamnya. Tentunya selain bisa berkeliling di sekitar pantai, banyak aktivitas menarik lainnya yang bisa dicoba oleh wisatawan. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di pulau seluas 6,5 ha ini:

1. Adanya Bale-Bale

Seperti pulau-pulau pada umumnya, tentu saja menyediakan layanan penginapan bagi wisatawan yang berlibur atau berkunjung. Terdapat beberapa tempat penginapan yang bisa dimanfaatkan, tempat-tempat ini biasa disebut dengan bale-bale. Dengan adanya penginapan, wisatawan dapat merasakan kepuasan yang maksimal selama berkunjung di pulau ini.

Wisatawan bisa memilih tempat yang nyaman untuk menginap dengan menyesuaikan budget yang dimiliki. Selain itu, wisatawan juga dapat memanfaatkan fasilitas lain yang tersedia. Wisatawan dapat memanfaatkan restoran yang ada untuk menjadi tempat bersantap yang lezat. Selanjutnya ada juga tempat ibadah dan toilet yang sudah disediakan.

2. Bermain Snorkeling

Fasilitas yang kedua adalah wisatawan dapat mencoba bermain snorkelling yang mana dapat membawa alat sendiri dari rumah. Disini cukup jarang bisa ditemui layanan yang menyediakan snorkelling, untuk itu bisa mengantisipasinya dengan membawa sendiri. Hal yang perlu diperhatikan dalam bermain adalah memperhatikan ombak. Umumnya, ombak di pantai ini cukup tenang.

3. Piramida Batu Pemecah Karang

Selain bisa bermain snorkelling, wisatawan juga dapat menikmati panorama indah di batu pemecah karang yang memiliki bentuk piramida. Lokasinya berada di daerah ujung selatan dari pulau ini. Wisatawan juga bisa berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan yang indah, utamanya di saat matahari terbenam.

Demikian pembahasan mengenai Pulau Lae Lae yang menyimpan begitu banyak pesona keindahan di dalamnya. Selain airnya yang jernih, fasilitas-fasilitas tambahan yang sudah disebut sebelumnya juga menjadi alasan untuk menjadikan pulau ini sebagai lokasi favorit untuk berkunjung di masa liburan nanti. Kini pulau eksotis tersebut bisa menjadi tujuan wisata bahari terbaik.