Pantai Wohkudu, Obyek Wisata Bagi yang Butuh Ketenangan

Kota Jogja tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar, tetapi juga kota wisata. Julukan tersebut bukan tanpa sebab. Pasalnya, terdapat begitu banyak tempat-tempat wisata unik dan menarik untuk dikunjungi.

Oleh karena itu, berbicara tentang beragam tempat wisata tersebut tidak bakalan selesai, saking banyaknya lokasinya. Ada yang tempat yang sudah terkenal dan mendunia, namun ada juga yang belum karena baru ditemukan atau dibuat.

Salah satu tempat wisata yang belum begitu populer adalah Pantai Wohkudu. Eits, jangan salah! Bukan berarti pantai tersebut tidak layak dikunjungi. Bahkan menurut penulis, pantai tersebut justru merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai yang sejuk dan segar dalam kondisi tenang, tanpa hiruk-pikuk manusia.

Nuansa Sejuk dan Tenang di Pantai Wohkudu

Apakah Anda butuh ketenangan? Ingin menyegarkan diri Anda yang tertekan akibat rutinitas harian yang seabrek banyaknya? Jika iya, pastikan Anda mengunjungi Pantai Wohkudu. Alasannya, suasana pantai tersebut masih sejuk, asri, dan tenang. Pasalnya, belum banyak orang yang berkunjung ke tempat ini.

Saat tiba di lokasi pantai ini, Anda akan disambut oleh suasana yang sunyi dan tenang, beserta semilir angin pantai yang berhembus dan terasa menyejukkan badan dan jiwa. Belum ada bangunan di lokasi pantai ini. Makanya, Anda mesti membawa sendiri kebutuhan wisata seperti tikar/pengalas, makanan, dan lain sebagainya.

Pantai Wohkudu terletak di Desa Girikerto, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta. Lokasinya sebenarnya tidak terlalu jauh dari Pantai Kesirat yang sudah terkenal. Bahkan, rute menuju pantai ini sama dengan rute menuju Pantai Kesirat.

Untuk bisa sampai ke lokasi pantai tersebut, Anda tidak bisa menggunakan kendaraan meskipun motor. Artinya, Anda terpaksa harus berjalan kaki baru bisa sampai di lokasi Pantai Wohkudu. Lumayan letih memang, tapi semua rasa rasa letih tersebut akan langsung hilang begitu Anda tiba di lokasi pantai ini.

Cobalah berbaring dalam kondisi rileks dengan beralaskan tikar, sembari menikmati semilirnya hembusan angin yang sejuk di lokasi pantai tersebut. Perlahan-lahan ketenangan dan kedamaian akan Anda rasakan. Bahkan, bisa jadi Anda tertidur tanpa disadari.

Jika senang berkemah, Anda bisa mencobanya di tempat tersebut. Soalnya, kondisi pasirnya sangat landai dan putih halus. Tapi jika ingin bermalam, sebaiknya Anda bersama dengan beberapa orang. Jangan sendirian berkemah untuk keamanan Anda.

Jika Anda berkunjung ke Pantai Wohkudu, sebaiknya membawa tenda atau payung untuk berlindung dari panas dan hujan. Jika tidak sempat membawa, Anda bisa berlindung di bagian cekungan bukit karang yang mengapit pantai tersebut. Sebab, bukit karang sebelah kanan memiliki cekungan yang agak dalam menyerupai goa, bisa digunakan untuk berlindung dan berteduh.

Oh ya hampir lupa. Di lokasi pantai ini tidak terdapat satu pun penjual makanan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa makanan sendiri jika tidak ingin kelaparan. Jika tidak sempat membawa makanan, terpaksa Anda harus repot keluar dari lokasi pantai untuk mencari warung yang berjualan makanan.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Tempat Wisata di Jogja Yang Paling Hits

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Pantai Wohkudu, sebaiknya Anda datang di pagi hari. Sebab, pada saat ini matahari mulai bersinar dan memberikan panorama alam yang memukau. Selain itu, pada pagi hari kondisi air laut mulai surut. Sehingga, Anda bisa menyusuri pinggiran pantai sembari menyaksikan panorama alam sekitar dan biota laut pantai tersebut. Dijamin Anda bakalan mendapatkan pengalaman berwisata yang berkesan dan menyenangkan di pantai tersebut.