Pesona Orchid Forest Cikole yang Mengagumkan

Aktivitas yang terlalu padat membuat banyak orang memilih waktu liburan sebagai quality time baik itu bersama pasangan maupun keluarga. Salah satu tempat wisata Orchid Forest Cikole, tampaknya bisa masuk ke daftar weekend akhir bulan. Bagi yang tertarik mengunjungi objek tersebut dapat melihat ulasan berikut untuk info lengkapnya.

Tentang Objek Wisata

Orchid Forest Cikole merupakan objek wisata yang berlokasi di Lembang, Jawa Barat dengan konsep pelestarian anggrek di tengah hutan Pinus. Di sini pengunjung dapat melihat bunga anggrek yang sudah langka seperti jenis Paphiopedilum, Coelogyne pandurata, dan Paraphalaenopsis. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas menarik lainnya yang telah disediakan oleh pihak manajemen.

Agar dapat menikmati seluruh fasilitas di dalam objek wisata ini, pengunjung bisa datang mulai pukul 09.00-18.00 (senin s/d minggu). Untuk harga tiket wisatawan domestik plus Wood Bridge and Flying Fox sekitar 56 ribu rupiah. Sementara bagi turis mancanegara dikenakan biaya dengan kisaran 94 ribu rupiah, tetapi jumlah tersebut belum terhitung asuransi perhutani.

Fasilitas Objek Wisata

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, wisatawan dapat mengunjungi Orchid House yang di dalamnya terdapat aneka jenis dari anggrek itu sendiri. Pihak manajemen merawat dengan sangat baik agar kelangsungan hidupnya terus lestari. Pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan tanaman anggrek saja, terdapat fasilitas lainnya yang bisa didatangi, diantaranya:

1. Wood Bridge

Bagi yang pernah pergi ke Orchid Forest Cikole tentu sudah kenal dengan Wood Bridge yang menyajikan keindahan hutan Pinus nan asri. Pengunjung bisa melihat panorama ini melalui jembatan kayu yang didesain sangat cantik sebagai tempat menapakan kaki.

2. Green House

Daya tarik dari fasilitas ini adalah model tanaman hias mirip bola yang bergantung seperti di Jepang atau biasa disebut kokedama. Adanya teknik ini membuat Green House semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan sekaligus berfoto ria.

3. Garden of Light

Fasilitas yang tak kalah menarik selanjutnya terletak di sebelah Wood Bridge yang memiliki tema “taman lampu” yaitu Garden of Light. Meskipun saat ini pengunjung belum bisa menikmatinya dengan puas karena pandemi, tetap dapat memanjakan diri lewat desain jalur taman.

4. Picnic Area

Pihak manajemen memberikan keleluasaan bagi wisatawan yang ingin piknik bareng keluarga atau teman dekat melalui fasilitas Picnic Area. Di sini pengunjung dapat memanjakan diri sembari bersantai dengan makanan dan minuman yang telah tersedia.

5. Orchid Castle

Bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, Orchid Castle tampaknya bisa menjadi salah satu destinasi menarik untuk didatangi. Alasannya karena disini banyak wahana bermain seperti jembatan, ayunan, perosotan hingga istana berukuran mungil.

5. Rabbit Forest

Selain Orchid Castle, anak-anak bisa bermain pula di area Rabbit Forest dengan ditemani kelinci yang lucu-lucu. Meskipun demikian, orang tua sebaiknya tetap mengawasi saat anaknya bermain dengan kelinci. Atas dasar ini, Orchid Forest Cikole sangat cocok masuk dalam list wisata keluarga.

7. Terrace Paphio

Dalam Terrace Paphio terdapat kursi yang bisa diduduki oleh pengunjung baik hanya sekedar berfoto ataupun melihat perform yang diadakan manajemen. Fasilitas ini lumayan sering dikunjungi selain alasan yang telah disebutkan, karena keindahan keadaan alam yang disuguhkan.

Sekian informasi penting terkait Orchid Forest Cikole khusus bagi pengunjung yang ingin refreshing ke daerah Lembang, Jawa Barat. Wisatawan tidak perlu khawatir akan kecewa karena pendirian objek wisata sudah melewati tahapan riset yang cukup panjang terlebih koleksi anggrek.