Tempat Wisata Alam Tebing Keraton Lembang yang Menawan

Manfaatkan waktu libur kerja atau libur sekolah memang paling enak ialah berwisata. Tidak perlu jauh-jauh hanya sekedar mengunjungi tempat wisata di sekitar daerah saja sudah bisa menjernihkan pikiran kembali. Bagi warga daerah Jawa Barat, berwisata ke Tebing Keraton menjadi salah satu hal yang wajib dikunjungi saat liburan. Selain dekat dengan rumah wisata ini juga populer.

Tebing ini menawarkan pemandangan alam nan elok di atas kota Bandung. Dengan banyaknya pohon Pinus di sekeliling tebing dengan udara segar Lembang tempat wisata ini sangat pas bagi pecinta alam. Di sini pengunjung tidak hanya menikmati alam saja, pengunjung bisa melakukan aktivitas lainnya di sana. Berikut informasi lengkap tentang destinasi wisata di Bandung dengan pesona alamnya ini:

Lokasi, HTM, dan Rute Menuju ke Tebing Keraton

Tempat wisata yang berada di Jawa Barat lebih tepatnya di daerah Bandung Barat ini menawarkan pesona alam Bandung di atas ketinggian. Wisata ini dibangun untuk mengeksplor keindahan alam Lembang, Ciburial, Kec. Cimenyan. Tebing ini berada pada ketinggian 1200 mdpl, jadi para wisatawan akan melihat Kota Bandung dari ketinggian.

Tiket masuk wisata alam memang tidak begitu mahal. Namun, hal yang ditawarkan sangat epik dengan udara yang segar. Hanya seharga Rp12.000,00 pengunjung bisa berwisata di Tahura Djuanda dan bisa masuk ke tempat wisata ini. Harga ini sangat murah untuk sebuah tempat wisata dengan panorama alam nan indah.

Untuk bisa naik ke sampai ke atas tebing, pengunjung harus melakukan trekking dari Dago Pakar. Jika menggunakan kendaraan pribadi pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di Dago Pakar. Apabila menggunakan kendaraan umum pengunjung bisa menggunakan bus Leuwi Panjang – Dago. Kemudian turun di Dago lanjut dengan angkot Ciburial untuk bisa sampai ke Lokasi.

Atraksi yang Ada di Tebing Keraton

Seperti tempat wisata alam lainnya, tentu tebing ini juga memamerkan alam indahnya untuk disuguhkan ke wisatawan. Namun tempat wisata ini mempunyai keunikan tersendiri dari tempat wisata alam lainnya. Berikut keunikan yang dimiliki oleh tempat wisata alam satu ini:

1. Melihat Sunrise Dan Sunset

Karena berada pada ketinggian di tempat wisata ini pengunjung tentu bisa melihat matahari terbit dan tenggelam. Tempat ini dibuka pukul 8 pagi sampai 4 sore. Namun, jika ingin melihat Sunrise atau Sunset pengunjung bisa datang lebih awal pada jam 5-7 pagi. Dengan begitu pengunjung bisa mengabadikan foto yang keren.

2. Berkemah

Tempat wisata alam tentu tidak akan jauh-jauh dari kegiatan berkemah. Destinasi ini juga menyediakan kegiatan camping ground yang dibuka untuk umum. Pengunjung yang ingin berkemping bisa meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola wisata. Kemudian malamnya pengunjung bisa bermalam di tempat ini.

3. Tempat Bersepeda

Jalur untuk bisa naik ke tempat wisata ini memang diperuntukkan untuk pejalan kaki, alias pengunjung harus trekking terlebih dahulu. Tempat ini juga menyediakan jalur sepeda untuk naik turun bukit akan tetapi jalur ini sedikit berbatu dan tak jarang sepeda harus digotong. Gunakan sepeda gunung saja agar lebih nyaman.

4. Pusat Studi Sesar Lembang

Selain menawarkan alam sebagai tempat wisata alam. Di lokasi ini juga bisa digunakan untuk wisata edukasi. Di tempat ini ada patahan Lembang atau yang dikenal dengan Sesar Lembang sepanjang 29 km. Patahan ini bergerak 3-5,5 mm per tahun dan jika terjadi gempa akan merusak Kota Bandung dan sekitarnya.

Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung Yang Paling Hits

Berwisata alam memang akan memiliki dampak pada kesehatan dan ketenangan jiwa, termasuk mengunjungi Tebing Keraton. Hanya dengan melihat alam dan berjalan-jalan sedikit pengunjung akan dibebaskan dari tumpukan pikiran yang mengganggu. Jika sudah lelah bekerja tempat wisata alamlah yang menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi.