Wisata Cagar Budaya Observatorium Bosscha yang Unik

Bandung memang memiliki sejuta pesona di dalamnya, terdapat banyak sekali tempat unik serta menarik di Kota Kembang tersebut. Tempat menarik yang menjadi wajib kunjungan saat berada di Bandung adalah Observatorium Bosscha. Tempat tersebut sangat bersejarah sekali dan menjadi tempat kunjungan yang cantik. Berikut beberapa informasi tentang tempat tersebut!

Mengenal Observatorium Bosscha

Di Bandung terdapat beberapa wisata alam maupun wisata budaya yang saat ini masih bertahan. Salah satu wisata budaya yang masih ada yaitu Observatorium Bosscha, wisata tersebut merupakan sebuah cagar budaya yang dahulu merupakan peninggalan Belanda. Pada saat pertama kali dibangun tempat tersebut dijadikan tempat untuk melakukan penelitian pada saat zaman tersebut.

Namun, untuk sekarang ini sudah beralih fungsi menjadi tempat wisata yang banyak peminatnya. Apalagi, tempatnya yang berada di Lembang akan membuat pengunjung pasti betah berada di wisata tersebut. Bosscha sendiri memiliki bentuk bangunan yang unik yaitu berbentuk sebuah silinder yang merupakan desain dari arsitek Belanda.

Di dalam wisata tersebut ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung, bahkan terdapat juga tempat untuk meneropong bintang dari kejauhan. Sangat cocok sekali bila berkunjung ke tempat ini di sore hari karena suasananya yang sangat mendukung untuk memandang bintang. Harga untuk masuknya juga terjangkau hanya mulai dari 15 ribu saja.

Ada berbagai fasilitas yang ada di Bosscha tersebut, seperti ruang untuk meneropong, peralatan canggih teleskop, ruang untuk membaca, ruang entrance, bahkan terdapat perpustakaan juga. Semua fasilitas tersebut dapat dinikmati dengan leluasa oleh pengunjung. Selain berwisata pengunjung juga bisa sembari belajar hal lain.

Fasilitas Teleskop

Di dalam wisata Bosscha tersebut terdapat berbagai fasilitas teleskop yang dapat dinikmati langsung oleh para pengunjung. Harga dari tiket sudah termasuk dengan fasilitas teropong ini, jaid pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Berikut beberapa jenis teropong di dalam Bosscha:

1. Teleskop Refraktor Zeiss

Untuk teleskop satu ini memiliki sebuah diameter dengan ukuran 13 cm dengan menggunakan sebuah kamera zeiss. Di dalam teleskop tersebut mempunyai dua kamera yang dapat digunakan untuk melihat langsung galaksi Bima Sakti.

2. Teleskop Refraktor Ganda Zeiss

Fasilitas teleskop selanjutnya yang bisa digunakan adalah Ganda Zeiss, teleskop tersebut berada di bagian gedung utama wisata ini. Bahkan, teleskop ini juga dapat berputar hingga 360 derajat serta dapat digunakan untuk melihat planet.

3. Teleskop Refraktor Bamberg

Jika ingin melihat sebuah gerhana, pengunjung dapat menggunakan teleskop satu ini. Dengan ukuran diameter 37 cm, pengunjung dapat dengan jelas serta fokus melihat gerhana dari kejauhan.

4. Teleskop Bima Sakti

Untuk teleskop yang satu ini bisa digunakan melihat Bima Sakti dengan sangat jelas, bahkan struktur dari galaksi tersebut bisa dilihat dengan mata telanjang. Selain itu, bisa juga digunakan untuk melihat sebuah kornet atau hebatnya lagi bisa digunakan untuk melihat peristiwa supernova.

5. Teleskop Unitron

Pada teleskop unitron ini merupakan teleskop yang paling kecil diantara teleskop lain yang ada di Bosscha ini. Biasanya hanya digunakan untuk melihat benda di langit yang sifatnya sederhana saja. Sehingga, sifatnya hanya mengamati saja dan tidak bisa dilihat dengan jelas.

Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Barat :

Itulah beberapa informasi tentang Observatorium Bosscha yang berada di Bandung tepatnya ada di Lembang. Di dalam wisata tersebut terdapat banyak fasilitas edukatif yang bisa digunakan untuk belajar serta menemukan pengalaman lain. Dengan harga tiket yang terjangkau, pengunjung sudah dapat menikmati semua fasilitas.