Wisata Gunung Puntang, Ketahui 4 Fasilitas Seru Untuk Pengalaman Terbaik

Jika sedang mencari tempat wisata alam untuk hiking sambil healing terdekat, maka dapat memilih wisata alam Gunung Puntang di Bandung. Gunung ini merupakan rangkaian dari Pegunungan Malabar. Wisata alam yang berlokasi di desa Cimaung, Kecamatan Banjaran ini memiliki pemandangan alam yang indah, yang mana sangat cocok untuk pengunjung yang gemar melakukan aktivitas wisata outdoor.

Berwisata sambil menikmati suasana alam bersama kerabat dan keluarga menjadi suatu hal yang seru untuk dilakukan. Memilih wisata salah satu pegunungan di Bandung ini dapat menjadi pilihan tepat, karena tidak hanya kegiatan hiking yang dapat dilakukan namun kegiatan lain seperti berkemah dan mengunjungi situs bersejarah.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata

Berlokasi sekitar 29 km dari kota Bandung, lokasi wisata alam Gunung Puntang ini dapat diakses dengan durasi sekitar 1,5 jam. Untuk rute yang dapat diakses, pengunjung tidak perlu khawatir, karena akses menuju wisata alam ini cukup mudah dan strategis sehingga mudah dijangkau dengan kendaraan apapun. Bisa kunjungi maps: https://goo.gl/maps/ecF9G9oAeLn8fdjg9 yang dapat dijadikan sebagai petunjuk arah.

Untuk harga tiket, pengunjung dikenakan tarif untuk dibayar sebesar Rp 5.000 saja dan tentu harga tersebut sangat murah dan terjangkau. Namun, jika pengunjung ingin berkemah dan menikmati fasilitas villa yang ada di wisata alam tersebut, pengunjung sebaiknya menyiapkan uang mulai dari Rp 150.000.

Fasilitas Terbaik Wisata Alam Gunung Puntang

Keberadaan fasilitas terbaik yang ada di wisata alam gunung ini menjadi nilai keunggulan yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Terdapat 4 fasilitas terbaik yang dapat menjadi pesona daya tarik terbaik bagi pengunjung berbagai usia. Fasilitas-fasilitas tersebut adalah:

1. Camping dan Hiking di Gunung Beserta Tipsnya

Fasilitas yang menjadi pesona daya tarik utama dari wisata alam ini adalah hiking dan camping. Bagi para hikers yang ingin melakukan perjalanan ke atas gunung, dapat memakai jasa guide yang dapat membantu para hikers untuk dapat mencapai puncak gunung. Berbagai tips utama yang harus diperhatikan oleh pengunjung adalah sebagai berikut:

  • Membawa atau menyewa tenda untuk membuat
  • Sediakan sleeping bag, jaket tebal, kaos kaki dan sarung tangan.
  • Membawa kotak P3K.
  • Membawa alat masak sederhana.
  • Serta membawa makanan secukupnya.

Pengunjung yang ingin mendirikan camp di wilayah wisata alam ini harus mematuhi peraturan yang ada. Seperti misalnya, tidak membuang sampah sembarangan, selalu menjaga etika sopan santun selama berkemah dan tidak merusak alam. Maka pengunjung akan siap untuk menikmati keasrian dan pemandangan indah di lokasi wisata alam ini.

2. Lokasi Situs Bersejarah

Tidak hanya tersedia wisata alam yang dapat dinikmati oleh para hikers atau pengunjung yang suka dengan aktivitas outdoor. Wisata alam ini juga terdapat situs bersejarah peninggalan zaman kolonial Belanda. Pernah menjadi lokasi berdirinya fasilitas penting dan bersejarah, yaitu Stasiun Radio Malabar membuat wisata alam ini semakin menarik untuk dieksplore.

Walaupun hanya berbentuk puing-puing, situs ini menjadi sejarah penting yang berharga pada zamannya. Hal tersebut karena Stasiun Radio Malabar menjadi media komunikasi tercanggih pada era kolonial Belanda. Maka dari itu, sayang sekali jika pengunjung tidak mengeksplor situs bersejarah ini ketika mengunjungi wisata alam gunung ini.

3. Menikmati Sunrise Di Tempat Terbaik

Wisata alam pegunungan pasti memiliki pesona daya tarik tempat untuk melihat sunrise atau matahari terbit terbaik. Tidak terkecuali wisata alam gunung ini, yang mana spot foto untuk sunrise terbaik dapat ditemukan. Pengunjung dapat melihat hamparan awan yang asri dan indah dari puncak gunung. Selain itu, pengunjung juga dapat mengambil foto selfie terbaik dengan latar belakang pemandangan dan sunrise.

4. Berendam dan Bermain di Curug

Wisata alam memang menyediakan fasilitas alam terbaik, salah satunya curug. Pengunjung dapat mandi dan berendam di aliran curug. Kesegaran air curug akan membuat pengalaman pengunjung lebih mengasikkan. Namun, pengunjung harus tetap waspada untuk menginjak batu yang licin ketika sedang bermain air.

Tempat Wisata Bandung Lainnya:

Itulah informasi-informasi umum yang perlu diketahui oleh pengunjung sebelum mengunjungi wisata alam Gunung Puntang. Pengunjung dapat memilih untuk menghabiskan waktu di tempat tersebut dengan berbagai aktivitas. Di mulai dari camping, mengunjungi situs bersejarah atau sekadar menikmati keindahan alam.