Yuk Intip 15 Tempat Wisata di Jawa Barat Terpopuler dan Ngehits 2022

Yuk Intip 15 Tempat Wisata di Jawa Barat Terpopuler dan Ngehits 2022

Tempat wisata di Jawa Barat yang bagus bukan hanya dimiliki oleh Bogor dan Bandung saja. Masih ada banyak surga tersembunyi yang bisa Anda jadikan tempat rekreasi bersama keluarga maupun karya wisata sekolah. Sama seperti provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, Jabar juga mempersembahkan beraneka ragam destinasi menarik kepada para turis.

Selain wisata alam yang menyejukkan mata dan bersuhu dingin, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat yang mirip seperti luar negeri. Untuk semakin memanjakan wisatawan yang berlibur, destinasi baru terus bermunculan dan objek wisata lama diperbaharui.

Mengajak anak kecil untuk mengeksplorasi tempat wisata di Jawa Barat pasti bukan masalah. Liburan Anda dan keluarga dijamin sangat berkesan dan tidak kecewa. Yuk, simak uraian selngkapnya pada artikel berikut.

Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Barat Paling Bagus

1. Taman Sakura

Tidak perlu repot-repot pergi ke Jepang untuk melihat kecantikan bunga sakura, karena Kebun Raya Cibodas di Jawa Barat sudah menyediakannya untuk wisatawan. Anda akan melihat bunga sakura sama seperti di negara Jepang sana.

Agar bisa menikmati suasana seperti di luar negeri ini, datanglah ke Kebun Raya Cibodas pada bulan Juli-Agustus atau Januari-Februari. Itulah momen dimana bunga sakura bermekaran dengan cantiknya.

Harga tiket masuk ke Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas sebesar Rp. 10.000 per orang. Buka setiap hari, mulai jam 8 pagi sampai 5 sore.

2. Green Canyon

Green Canyon sempat viral di sosial media beberapa tahun lalu dan masih terus eksis sampai sekarang. Salah satu objek wisata alam Jawa Barat ini mempersembahkan keindahan berupa bebatuan stalaktit yang indah dan menawan.

Perpaduan antara Sungai Cijulang dan tebing tinggi disekelilingnya sangatlah sayang buat dilewatkan. Apalagi ada wahana body rafting yang menyusuri aliran sungai sepanjang 3 kilometer. Sepanjang perjalanan Anda bakal ditemani oleh rimbunnya pepohonan sekitar.

Green Canyon berhasil menghadirkan spot foto instagramable dan kekinian khas alam. Objek wisata ini berlokasi di Pangandaran, Desa Kertayasa.

3. Pantai Pasir Putih

Ketika Anda sedang mencari tempat wisata di Jawa Barat selain Bandung, maka Pantai Pasir Putih harus masuk ke list kunjungan. Ajaklah kerabat, teman terdekat dan keluarga untuk merasakan segarnya angin sepoi-sepoi di pinggiran pantai.

Selain memiliki hamparan pasir putih bersih, air disana juga bening. Terdapat pula sekawanan kera yang mondar-mandir dan bisa dilihat langsung oleh wisatawan. Tidak perlu merasa khawatir mencengkram, kera tersebut sudah jinak kok.

Pantai Pasir Putih beralamatkan di Pangandaran, Kabupaten Ciamis. Ketika akhir pekan tiba, terlihat wisatawan berbondong-bondong datang untuk melepas penat. Tentu bukan ide buruk mengisi waktu luang dengan menikmati indahnya laut.

4. Pantai Ujung Genteng

Karena lokasinya menghadap langsung ke Samudera Hindia, membuat Pantai Ujung Genteng memiliki keindahan luar biasa. Deburan ombaknya memang tergolong besar, namun sebenarnya perairan disana masih cukup aman untuk bermain air dan berenang. Asalkan tetap memperhatikan batas-batasnya dan tidak terlalu ke tengah.

Pantai Ujung Genteng memiliki hamparan pasir putih luas dan suasana yang asri. Angin sepoi-sepoi akan menemani Anda seharian, tanpa gangguan suara bising kendaraan ala perkotaan. Wisatawan bisa melihat langsung penangkaran penyu, kemudian wisata kuliner dengan menu utama beraneka macam seafood.

Pantai Ujung Genteng beralamatkan di Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Untuk masuk kesana pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 10 ribu per orang.

5. Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Tempat wisata di Jawa Barat tidak pernah gagal menghadirkan keseruan kepada para pengunjung. Seperti Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang menawarkan paket komplit untuk menyegarkan pikiran selama liburan. Teradap banyak sekali keseruan yang bisa dicoba sesuai kesukaan masing-masing.

Taman Nasional Gunung Halimun berlokasi di Jalan Raya Cipanas, Malasari, Kebandungan, Sukabumi. Terdapat banyak sekali air terjun cantik yang menggugah setiap mata memandang. Seperti Curug Citamanja, Curug Piit, Curug Citangkolo, Curug Cibelang, dan lain-lain.

Pengunjung bisa juga mampir ke Puncak Gunung, Kawah Ratu, Camping Ground, Candi Cibedug, Gunung Batu, dan lain sebagainya. Otak bisa refreshing dengan pemandahan yang indah, sekaligus seru-seruan berkat wahana permainannya komplit.

6. Kawah Putih

Siapa sih yang belum pernah mendengar Kawah Putih Ciwidey? Destinasi ini sudah sejak lama menjadi favorit para wisatawan dari berbagai daerah. Khususnya bagi warga Bandung Selatan dan sekitarnya, mereka senantiasa menyempatkan waktu untuk mampir kesini.

Terbentuk oleh letusan Gunung Patuha, danau kawah ini memiliki permukaan air berwarna putih kehijauan. Hal itu tidak lepas karena tingginya kandungan asam pada Kawah Putih. Disinilah yang menjadi spot foto ikonik dan instagramable para pengunjung.

Kawah Putih berlamatkan di Jl. Raya Ciwidey Patengan KM 11, Ciwidey, Bandung. Terdapat pula keindahan sunrise di pagi hari yang sayang buat dilewatkan begitu saja.

7. Curug Cikaso

Curug Cikaso menjadi tempat wisata di Jawa Barat selanjutnya yang harus masuk daftar kunjungan. Sebab, disini Anda bisa menyaksikan langsung air terjun megah dengan ketinggian 80 meter dan lebar tebing 100 meter. Menariknya lagi, aliran air disana terbagi menjadi tiga titik.

Kolam alami di sekitar Curug Cikaso sangatlah luas, kedalamannya sendiri mencapai 15 meter. Pengunjung tidak diperbolehkan berenang disana dan mendekati curahan airnya. Namun, masih bisa bermain air di dekat kolam air.

Kemegahan air terjunnya disempurnakan oleh alam hijau dan asri disekeliling Curug Cikaso. Lokasinya sendiri berada di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Sukabumi.

Harga tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang. Terdapat biaya parkir motor Rp. 10 ribu dan mobil Rp. 15 ribu. Ada pula penyewaan perahu yang disewakan Rp. 65.000 untuk maksimal 10 penumpang.

8. Stone Garden

Tempat wisata di Jawa Barat kembali mempersembahkan keindahan yang mirip seperti luar negeri. Jika Anda pernah melihat Stonehange di Inggris, maka kurang lebih seperti itu pemandangannya. Di hamparan tanah luas ditengah-tengah pegunungan, terdapat bebatuan yang berserakan dan berjejer tidak beraturan.

Meskipun tidak beraturan, susunan batu disana justru memiliki keunikan tersendiri dan membentuk sebuah taman alam indah. Beberapa tahun terakhir banyak kok pengguna sosial media yang berburu foto di Stone Garden.

Harga tiket masuk ke Stone Garden hanya Rp. 5 ribu per orang. Disini wisatawan bisa menginap dengan memilih kemah 2 hari Rp. 30 ribu per orang atau camping Rp. 40 ribu per orang. Keindahannya juga sering dijadikan spot foto pre wedding, biayanya Rp. 60 ribu per orang.

Lokasi Stone Garden beralamatkan di Citatah, Padalarang, Gunung Masigit, Cipatat, Bandung Barat. Fasilitas yang lengkap memberikan kenyamanan tersendiri kepada para wisatawan. Beberapa diantaranya seperti spot foto menarik, gazebo, warung makan, aula via pawon, toilet, kamar mandi, mushola, parkir atas dan parkir bawah.

9. Situ Patenggang

Tempat wisata di Jawa Barat untuk liburan bersama keluarga ini juga sayang dilewatkan. Sebagai salah satu icon pariwisata di Bandung Selatan, mungkin sudah banyak orang yang mengetahuinya. Ia beralamatkan di Ciwidey. Dari pusat kota Bandung membutuhkan perjalanan selama kurang lebih 2 jam.

Oh iya, Anda yang berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey sekalian saja mampir. Karena kedua objek wisata ini bisa diakses sekaligus, jaraknya hanya 10 menit saja.

Situ Patenggang sendiri berupa danau yang berada di daerah 1.600 mdpl. Membuatnya bersuhu dingin dan sejuk. Sejauh mata memandang disekeliling, Anda bisa menyaksikan bentang alam yang asri.

Setibanya di Situ Patenggang, wisatawan biasanya piknik di pinggiran danau. Bercengkrama bersama orang terdekat menjadi sangat seru dan tambah menyenangkan. Setelah puas duduk, bisa melanjutkan jalan-jalan ke kebun teh.

Teruntuk Anda yang gemar memancing, maka bisa berburu ikan disana. Mengelilingi danau dengan kapal warna-warni maupun sepeda air juga layak dicoba. Karena Anda tidak datang kesini berkali-kali, rasanya rugi apabila tidak mencoba wahana tadi.

Mengunjungi batu cinta dan berkeliling di Pulau Asmara konon bisa membuat hubungan sepasang kekasih abadi. Harga tiket masuk ke Situ Patenggang sebesar Rp. 15 ribu (WNI) dan Rp. 50 ribu (warga asing).

Sebagai salah satu destinasi favorit, fasilitas yang ada disana sangatlah komplit. Seperti gazebo, toilet, mushola, penginapan, area parkir, penyewaan perahu, sepeda air, toko buah, rumah makan dan lain-lain.

10. Tebing Keraton

Kota Bandung rasanya tidak pernah puas memanjakan para kawula muda yang berencana mengeksplorasi tempat wisata di Jawa Barat. Seperti kehadiran Tebing Keraton ini yang menjadi spot swafoto favorit muda-mudi di akhir pekan. Terbukti dengan banyaknya julukan yang dimilikinya, seperti Tebing Instagram, Tebing Selfie di Bandung, Tebing Mainstream dan lain-lain.

Tebing Keraton berlokasi di Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan. Dari pusat kota Bandung kira-kira hanya membutuhkan waktu tempuh selama 15 menit. Lokasinya yang strategis memudahkan siapapun untuk mampir kesana.

Harga tiket masuk ke Tebing Keraton sebesar Rp. 11 ribu per orang. Wisatawan bisa memilih sendiri pemandangan alam yang hendak dijadikan background berfoto. Mulai dari sunrise di pagi hari, negeri diatas awan dengan gumpalan kabut tebal, sampai sunset menawan dikala senja.

Selain menjadi tempat berburu foto, Tebing Keraton Bandung juga menjadi salah satu spot favorit untuk camping. Anda bisa mengajak keluarga maupun sahabat dekat untuk bermalam disana.

Aktivitas lainnya yang menarik buat dicoba adalah soft hiking dan tracking. Fasilitasnya sudah pasti komplit demi kenyamanan pengunjung. Anda bisa dengan mudah menemukan toilet, kedai makan, lavatory, gazebo, dan mushola.

Jika datang kesini disarankan pada musik kemarau dan jangan lupa mempersiapkan kamera untuk berburu foto.

11. Tangkuban Perahu

Saat kecil dahulu kita sering diceritakan sebuah legenda rakyat Sangkuriang. Gunung Tangkuban Perahu yang identik dengan Sangkuriang ternyata memiliki sebuah lukisan alam sangat eksotis. Cocok untuk melepas penat bersama orang tersayang.

Harga tiket masuk ke Tangkuban Perahu sebesar Rp. 13 ribu per orang. Tempat wisata di Jawa Barat satu ini semakin menarik karena dikelilingi perkebunan teh dan pohon pinus yang menjulang tinggi. Keasrian alam benar-benar terlukis sempurna disini.

Setibanya di Gunung Tangkuban Perahu jangan lupa mampir ke tiga kawah cantik miliknya. Yaitu terdiri dari Kawah Upas, Kawah Ratu dan Kawah Domas. Adapun yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Kawah Ratu.

Gunung Tangkuban Perahu diketahui memiliki ketinggian mencapai 2.084 meter. Ia beralamatkan di Jl. Raya Tangkuban Perahu, Cikahuripan, Lembang, Bandung. Buka mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore. Jika merasa tertarik buat menginap, maka bisa mencari hotel disekitar.

12. Geopark Ciletuh

Liburan Anda menelusuri tempat wisata di Jawa Barat dijamin semakin berkesan ketika mampir ke Geopark Ciletuh. Pasalnya, disana terdapat banyak destinasi wisata menarik yang berdekatan dan tidak butuh waktu lama berpindah-pindah tempat.

Salah satunya adalah Puncak Darma yang menghadirkan pemandangan sangat asri dan menakjubkan. Dari ketinggian 230 mdpl, wisatawan bisa menyaksikan pantai Geopark Ciletuh, persawahan, deretan tebing, sampai Teluk Ciletuh yang bentuknya mirip tapal kuda.

Sekitar 4 menit perjalanan dari Puncak Darma, Anda bisa menyegarkan pikiran ke Curug Dogdog. Terdapat pula Curug Cimarunjing yang tidak kalah cantik buat dinikmati keindahannya. Tentu masih ada banyak lagi objek wisata lain seperti Vihara Dewi Kwan Im, Pantai Karang Hawa, Curug Awang, dan sebagainya.

13. Orchid Forest

Teruntuk Anda yang masih mencari tempat wisata di Jawa Barat untuk keluarga, maka bisa mampir ke Orchid Forest. Ia beralamatkan di Genteng, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Buka mulai jam 9 pagi sampai 6 sore. Sementara itu, harga tiket masuknya sebesar Rp. 40 ribu untuk warga lokal dan Rp. 100 ribu bagi warga mancanegara.

Bagi Anda yang mungkin belum paham, Orchid Forest adalah taman anggrek paling luas di Indonesia yang berdiri diatas lahan 12 hektar. Setidaknya ada sekitar 157 jenis bunga anggrek yang dirawat dan dikembangkan oleh pihak pengelola.

Untuk menemani liburan wisatawan, Orchid Forest menyediakan Wood Bridge, berbagai macam Outbound menarik, Garden of Light, Camping Ground Orchid Forest, sampai ada toko dan pusat konsultasi.

14. Gunung Galunggung

Bagi Anda yang hobi atau berencana ingin mencoba melakukan pendakian, maka ada rekomendasi tempat wisata gunung di Jawa Barat yang menarik. Namanya adalah Gunung Galunggung, ia berada di ketinggian kurang lebih 2.168 mdpl.

Sempat meletus pada tahun 1982 lalu, fenomena ini menciptakan Puncak Beuticanar dan Puncak Dinding Ari. Pengunjung bisa menuju puncak dengan melalui Tangga Biru (510 anak tangga) dan Tangga Kuning (620 anak tangga).

Terdapat pula kolam air panas, lintasan sepeda downhill, sampai area camping. Pokoknya seru deh sembari menikmati keasrian disekeliling Gunung Galunggung.

15. Taman Safari Indonesia Cisarua

Sebagai pilihan terakhir, admin kembali merekomendasikan tempat wisata di Jawa Barat untuk keluarga. Kali ini ada Taman Safari Indonesia Cisarua yang memiliki banyak sekali koleksi satwa. Lanskapnya yang luas membuat wisatawan bisa berkeliling seharian penuh tanpa khawatir bosan.

Konsep utama dari Taman Safari Indonesia adalah memperkenalkan habitat satwa yang hidup di alam bebas. Terdapat kurang lebih 3,000 satwa yang bisa dilihat langsung oleh para pelancong. Seperti gajah, zebra, harimau, jerapah, panda dan masih banyak lagi lainnya.

Jika tidak puas berkeliling hanya sehari, maka bisa dilanjutkan besok dan menginap di hotel terdekat Taman Safari Indonesia. Harga tiket masuk kesana mulai dari Rp. 200.000 saat weekday dan Rp. 220.000 untuk weekend. Harganya lebih mahal bagi wisatawan asing.

Demikianlah pembahasan seputar 15 tempat wisata di Jawa Barat paling bagus dan populer. Ada yang cocok untuk berburu spot foto kekinian, piknik bersama keluarga, sampai menyatu dengan alam asri. Udara dingin khas pegunungannya siap menyegarkan tubuh dan mata Anda. Tempat yang bagus dan murah meriah bisa ditemukan dengan mudah.