Indahnya Air Terjun Tujua, Ini Dia Lokasi dan Keunikannya

Salah satu air terjun di Sulawesi Selatan yang terkenal yaitu air terjun yang berasal dari pegunungan Tompobulu. Saat ini dikenal dengan nama Air Terjun Tujua yang masih alami dan jarang dikunjungi. Keindahan air terjun yang ada di Maros ini tidak perlu diragukan lagi. Berikut akan disajikan informasi lokasi hingga keunikannya, diantaranya:

Lokasi Air Terjun

Pengunjung yang ingin mendatangi Air Terjun Tujua dapat memperhatikan lokasi keberadaannya terlebih dahulu. UntukĀ  mengakses lokasi ini, pengunjung bisa mendatangi wilayah Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Secara spesifik, lokasi air terjun berada di Desa Tompobulu, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros.

Di balik keindahannya, air terjun ini cukup segar dengan lokasinya yang masih alami di daerah pedesaan. Perlu diketahui, sesampainya di tempat parker wisata ini, perjalanan belum berakhir. Pengunjung diharuskan berlanjut ke perjalanan selanjutnya dalam waktu satu jam atau lebih. Di perjalanan, pengunjung disuguhi pemandangan tempat produksi gula merah oleh penduduk setempat.

Akses perjalanan yang bisa ditempuh dari lokasi meeting point (di daerah Carangki, Tanralili) yaitu berlanjut ke kanan menuju Pucak, Tompobulu. Jalan poros yang bisa dilewati adalah Bendungan Lekopancing yang mirip dengan jalan sebelumnya. Pengunjung bebas memilih jalur mana yang akan ditempuh. Selanjutnya menuju ke Desa Tompobulu sekitar 10 menit dengan kendaraan motor.

Keunikan Air Terjun

Membahas tentang air terjun yang cukup sejuk dijadikan tempat liburan yang unik, Air Terjun Tujua menjadi pilihan yang tepat. Selain pemandangannya yang asri, tempat wisata ini memiliki banyak keunikan yang bisa didapatkan oleh pengunjung.

Setelah mengetahui lokasi air terjun, perlu diketahui sisi unik yang ada di air terjun tersebut. Beberapa keunikan ini tidak dapat ditemui di semua air terjun yang mungkin sudah pernah dikunjungi. Adanya informasi ini guna memantapkan keyakinan untuk berkunjung ke air terjun alami ini, Berikut keunikan-keunikannya:

1. Penduduk Lokal yang Ramah

Keunikan yang pertama adalah penduduk lokal yang cukup ramah kepada pengunjung. Saat ini banyak yang sudah mengenal air terjun yang terletak di Sulawesi termasuk Tujua. Penduduk lokal pun kini sudah mulai berwirausaha dengan memanfaatkan potensi wisata yang ada di wilayahnya. Penduduk lokal juga memiliki usaha pembuatan gula merah.

2. Memiliki Goa

Keunikan lainnya adalah memiliki goa yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Lebih tepatnya, goa ini berada di tingkat 2 Air terjun. Goa tersebut terbuat dari batu yang dapat dikunjungi dengan memanjat bebatuan yang ada. Pengunjung bisa mendapatkan pemandangan air terjun hingga merasakan sensasi berada di dalam goa sekaligus.

3. Fasilitas yang Disediakan

Tidak perlu khawatir saat mengunjungi air terjun ini karena sudah dilengkapi fasilitas yang cukup memadai. Saat ini pengelola sudah menambahkan beberapa layanan guna meningkatkan pelayanan kepada pengunjung. Fasilitas yang ada, diantaranya tempat parker, tempat sholat atau mushola, WC, hingga tempat penginapan.

4. Adanya Meeting Point

Selain sudah disebutkan di bagian sebelumnya, fasilitas lainnya yang ada di air terjun ini adalah memiliki meeting point. Dari tempat inilah pengunjung bisa terlebih dahulu menyiapkan perbekalan. Sebagai informasi, di meeting point ini tersedia minimarket yang lokasinya ada di wilayah Carangki, Tanralili. Tepatnya di pertigaan jalan, pengunjung boleh mengunjunginya untuk belanja.

5. Ada Jembatan Gantung

Keunikan yang terakhir yaitu adanya jembatan gantung yang berlokasi di sekitar Tompobulu. Jembatan ini menjadi salah satu akses untuk bisa berlanjut ke lokasi air terjun. Posisi jembatan gantung tersebut terbilang cukup ekstrim dan perlu berhati-hati ekstra saat melaluinya. Namun, hal ini bukan menjadi halangan untuk menikmati keindahan air terjun yang akan didapatkan.

Wisata Lainnya: Wisata Danau Tanralili, Info Lokasi Beserta Fakta Menariknya

Sekian pembahasan mengenai Air Terjun Tujua yang bisa menjadi rekomendasi tepat guna mengisi waktu libur. Air terjun yang masih terbilang alami ini memiliki daya tarik tersendiri hingga pesonanya yang kini banyak dikenal oleh masyarakat. Bagi pecinta alam tentu wajib untuk berkunjung ke lokasi yang sangat eksotis ini.