Pesona Eksotis Danau Koto Panjang yang Menyejukkan Mata

Kabupaten Kampar memiliki pembangkit listrik yang menggunakan sumber tenaga air yaitu PLTA Koto Panjang. Air yang digunakan sebagai pembangkit listrik berasal dari Sungai Kampar yang berlokasi di Tanjung Alai, XIII Koto Kampar, Kampar, Riau. Menariknya di sekitar PLTA Koto Panjang terdapat danau yang juga dijadikan sebagai destinasi wisata, bernama Danau Koto Panjang.

Danau ini menyuguhkan pemandangan turbin PLTA yang sangat kokoh dan besar. Utamanya pengunjung juga bisa melihat dan menikmati indahnya pemandangan danau. Danau buatan di kawasan PLTA Koto Panjang telah dibentuk sejak tahun 1993 atas kerja sama yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dan Jepang. Akibatnya, 9 desa di kawasan ini ditenggelamkan demi membangun danau buatan.

Tarif dan Akses Jalan ke Wisata Danau

Berbagai keindahan dan keunikan yang ada membuat pulau ini banyak dikunjungi saat berkunjung ke danau. Pengunjung juga bisa mengunjungi beberapa objek wisata lain yang berada di sekitar Pulau Tonga. Berikut ini tarif masuk ke dalam wisata danau dan akses jalan yang harus ditempuh:

1. Biaya tarif masuk

Bagi pengunjung umum akan dijatuhi tarif sebesar Rp 15.000. Sementara, biaya parkir yang harus dikeluarkan untuk motor biayanya adalah Rp 2.000 dan kendaraan bermobil biayanya sebesar Rp 5.000. Jam operasional pengunjung di danau ini adalah dari jam 8.00-17.00 WIB.

2. Akses jalan

Perjalanan ke danau dapat ditempuh dari pusat Kota Pekanbaru melalui jalur darat. Dari simpang empat Panam Pekanbaru, pengunjung bisa menempuh waktu selama 2 jam perjalanan melewati Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang. Pengunjung sangat disarankan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat atau menggunakan mobil rental dari Pekanbaru.

Setibanya di kawasan jalan raya PLTA Koto Panjang, pengunjung dapat melanjutkannya ke pelabuhan. Dari jalan raya ke pelabuhan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit. Selain danau, pengunjung juga bisa sekaligus berwisata di beberapa tempat wisata yang berada di kawasan PLTA Koto Panjang, Kampar.

Pesona Danau Koto Panjang

Obyek wisata alam yang satu ini memiliki pesona eksotik. Air danau yang biru dikelilingi hutan-hutan rimbun yang alami membuat pemandangan di kawasan ini sangat menyejukkan mata. Tak heran bila udara di danau ini sangat dingin dan sejuk bak daerah pegunungan. Suasana ini seperti halnya saat berada di daerah Sumatera Barat karena daerahnya berdekatan.

Sayangnya sebagian pengunjung mungkin agak terganggu dengan bau di kawasan ini. Akibat adanya keramba-keramba ikan yang dibudidayakan oleh warga sekitar di danau, pengunjung akan mencium bau amis. Meski demikian, hal ini malah menjadi nilai tambah bagi obyek wisata di danau PLTA Koto panjang ini.

Pengunjung juga bisa menyusuri danau dan menikmati keindahan alam dengan menaiki perahu-perahu yang telah tersedia di sana. Di bagian barat danau pengunjung bisa menemukan pulau-pulau kecil. Pulau-pulau tersebut berbentuk perbukitan yang dijadikan sebagai kawasan penginapan sederhana oleh warga sekitar. Sehingga para pengunjung yang ingin menginap bisa pergi ke kawasan ini.

Salah satu pulau yang juga masih terbilang baru tersebut bernama Pulau Tonga. Pulau Tonga memiliki beberapa fasilitas seperti rumah utama, mushola, dan beberapa kamar mandi bersih yang dapat digunakan. Serunya lagi, pengunjung bisa mendirikan tenda di kawasan ini dan melakukan aktivitas lainnya. Seperti halnya memancing, berenang, membakar ikan, dan lain sebagainya.

Dari Pulau Tonga ke Goa Landak pengunjung bisa berjalan dalam waktu tempuh sekitar satu jam. Wisata ini cocok bagi pengunjung yang menyukai hal ekstrem sebab jalan yang ditempuh cukup sulit sehingga kurang cocok bila membawa anak-anak. Gua landak adalah habitat bagi kelelawar yang memiliki medan licin dan basah.

Rekomendasi Tempat Wisata di Riau Lainnya:

Bagaimana menarik bukan? Danau Koto Panjang bisa menjadi salah satu daftar destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Keindahan alam dan keunikan yang dimiliki menjadikan danau ini memiliki daya tarik lebih. Sangat cocok bagi para pengunjung yang telah penat bekerja setiap harinya dan ingin menikmati waktu bersama keluarga.