Kegiatan di Wisata Curug Tilu Leuwi Opat Dan Tips Ketika Berkunjungnya

Berbicara mengenai Bandung seakan tidak ada habisnya. Selain dikenal dengan istilah Kota Kembang, Bandung juga memiliki objek wisata alam yang sangat beragam. Tidak heran karena Bandung memiliki udara sejuk sehingga lingkungannya masih terjaga. Salah satu objek wisata yang cukup menarik minat dan wajib untuk dikunjungi adalah Curug Tilu Leuwi Opat.

Kegiatan Apa Saja Yang Bisa Dilakukan?

Curug Tilu Leuwi Opat menawarkan kenyamanan wisata alam yang cukup unggul. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di curug ini, beberapa diantaranya yaitu :

1. Menikmati Keindahan Dan Kesejukan Alam

Tujuan utama dari sebagian besar wisatawan yang datang tentu saja karena ingin menikmati keindahan air terjun yang memiliki tiga tingkatan ini. Meskipun air terjun tidak terlalu tinggi yaitu sekitar 3 meter saja, namun memiliki area kubangan air yang terbilang cukup luas.

Wisatawan bisa santai sejenak sambil bermain di aliran sungai tentu akan mengalihkan dari kepenatan. Bagi wisatawan yang membawa serta anak, tetap harus waspada dalam mendampingi dan mengawasi mereka ketika ikut bermain air.

2. Outbound

Selain menikmati kesejukan alam dari percikan air terjun, wisatawan juga bisa melakukan kegiatan outbound. Curug ini telah membuka berbagai wahana menarik yang cocok untuk kegiatan tersebut. Contohnya seperti menyelenggarakan pendidikan maupun latihan di lokasi bisa menjadi pilihan yang tepat.

Beberapa wahana tersebut diantaranya flying fox, panjat tebing, high rope, dan masih banyak lagi. Namun sebelum melakukan kegiatan tersebut, sebaiknya pengunjung konfirmasi terlebih dahulu dengan pihak pengelola objek wisata karena wahana tersebut tidak selalu buka setiap hari.

3. Trekking

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Curug Tilu Leuwi Opat adalah trekking. Karena akses menuju air terjun masih sangat alami dan apa adanya, sehingga menantang untuk dijadikan area trekking.

Pengunjung nantinya akan melewati tebing tinggi dan jurang yang masih belum memiliki pengaman sehingga pengunjung perlu berhati-hati. Selain itu juga pengunjung akan menyusuri sungai, jalan berbatu, dan jembatan bambu.

4. Camping

Pengunjung juga bisa berkemah di sekitar lokasi curug. Pihak pengelola objek wisata menyediakan lokasi perkemahan yang cukup luas sehingga memungkinkan pengunjung untuk menghabiskan waktu berkemah dengan keluarga dan sahabat. Untuk bisa berkemah, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan oleh pihak pengelola.

Tips Ketika Berkunjung Ke Objek Wisata Curug Tilu Leuwi Opat

Meskipun mengasyikkan, namun tetap perlu memperhatikan banyak hal agar tetap aman. Berikut tipe ketika berkunjung ke Curug Tilu Leuwi Opat, antara lain :

1. Hindari Berkunjung Di Musim Penghujan

Karena merupakan objek wisata alam, maka harus memperhatikan waktu yang tepat jika ingin berkunjung. Waktu paling tepat yaitu ketika musim panas di mana cuaca cerah dan sangat mendukung berbagai aktivitas yang mungkin akan dilalui.

2. Gunakan Alas Kaki Yang Tidak Licin Dan Bawa Baju Ganti

Pengunjung disarankan untuk menggunakan sandal maupun sepatu yang tidak licin karena jalur yang dilalui cukup landai demi keamanan dan kenyamanan selama menyusuri jalan hingga sampai ke air terjun. Jangan lupa juga untuk membawa baju ganti apabila memiliki rencana  bermain air.

3. Membawa Perlengkapan Pribadi

Pastikan bahwa perlengkapan pribadi seperti handphone, powerbank, kamera hingga obat-obatan sudah masuk  ke dalam tas. Sebelum pergi, pastikan sekali lagi bahwa barang-barang tersebut sudah diamankan.

Tempat Wisata di Jawa Barat Lainnya:

Itulah kegiatan dan tips ketika berkunjung ke Curug Tilu Leuwi Opat. Meskipun terdapat pihak pengelola yang menyediakan keamanan dan keselamatan bagi pengunjung, namun tidak ada salahnya juga bagi pengunjung untuk selalu waspada dan berhati-hati agar liburan tetap berjalan sesuai dengan rencana.